Sabtu, 25 Juli 2009

Quit Smoking

Setelah membaca judul diatas ~guru SMP mode on~ apakah the first thing in your mind adalah saya yang ngerokok?
Wekekeke... bukaaaaaaaaaaaaaaan! Anda salah ah! This is about two men in my family. Yang pertama adalah my Dad dan yang kedua adalah my Uncle. Awalnya... still remember kan waktu my Dad sakit beberapa waktu yang lalu? Sama dokter didiagnosa jantung koroner ~hih syereeeeem!~ and beliau harus stop total merokok. Dulu waktu kena asam lambung, disuruh stop merokok and minum kopi... cuma berhasil berhenti minum kopi ajah, sekarang... jadi berhenti rokok juga deh ^^

Hebatnya... berhentinya bukan sedikit2 loooh... hari itu juga langsung stop, alhamdulilah sampai sekarang ^^

Ada efeknya juga siy... my Dad jadi gendutan kekeke... tapiiii... mukanya jadi lebih fresh, sehat, bugar and wangiiiii... kalo duyu kan bau besiiii mulu hihi!

Katanya... jadi pengen ngemil terus, hihihi!

And the next is my Uncle. Awalnya dia juga ngerasain apa yang dirasain my Dad, cman karena my Uncle ini orangnya agak agak gimanaaaa gitu.... dia cuman bisa bilang "Rasanya kayak Pak Bambang dulu lhooo..." ~xixixi... dia menyebut nama my Dad~

Ya udah... akhirnya begini dan begitu... the doctor said the same thing... jantung koroner! Dan ceritanya sama... my Uncle juga langsung sama istrinya di stop rokok kekeke!

Jadiiiii... jangan dikira tulisan kecil2 yang ada di bungkus rokok itu, yang bunyinya "Merokok dapat menyebabkan ... bla bla bla" itu cuman dagelan alias basa basi aja... itu benaaaaar sekali sodara2. MEmang siyy tulisannya kurang besar... harusnya kampanye anti rokok itu disertai gambar2 mengerikan tentang akibat2 merokok... ditaruh di bungkus rokok.

Jujur... aku juga pernah kok mencicipi yang namanya rokok... waktu SMU, jaman2 pengen tau kekeke... habis nyobain bengek seminggu hihi! Tapiii kan sekarang yang penting nggak! Ada kok orang yang aku kenal, yang bilang dengan sangat vokal bahwa rokok itu haram bla bla bla... eeeh dianya ndiri ngerokok kalo ngga ketauan orang... huuu! Makan tuh asep!

Yang aku heran kenapa ya masih banyak banget orang yang suka merokok di tempat2 umum ? Maksudku... being perokok pasif itu jauh lebih bahaya daripada si perokok itu sendiri. Apa ngga mikir yah mereka? Aku sering banget ketemu orang2 model begini kalo pas naek kereta sama bis. Dah tau penumpangnya kadang bejubel, pengap ~maklum kuliah di Sby berangkat kan pake kereta ekonomi hihi~ oksigen sangat susah didapat... eeeeehhh ada yang dengan pe denya mengeluarkan sebilah ~emang pedang!~ rokok dang menyalakannya dengan santai... kaga peduli ma perempuan2 dan anak2 yang juga bakalan ngisep tu asap rokok dan menerima efek yang bahkan jauh lebih merusak. Makanya aku juga ngga pernah ragu buat negur orang2 seperti itu.

Kalo ada juga orang yang berkilah "Halah... ngga ngerokok juga bakal mati!" itu adalah orang yang dodol! Karena paling ngga kalo kita ngga ngerokok... kita bisa menikmati hidup yang sehat dan umur yang lebih panjang, kan... jadi bisa menikmati lebih banyak waktu berkualitas with family and friends.

Tapi dan sekali lagi tapi, kalo rokok dilarang... tu para petani tembakau mau makan apa? Pegawai pabrik rokok makan apa? Yaaah... itulah masalah yang rumit and saling sambung menyambung... bakalan susah sekali dicari jalan keluarnya. Paling ngga, mulai sekarang, jika ada orang yang merokok di tempat umum yang ada perempuan2 dan anak2 kecil, ditegur aja baik2, kalo ngga mempan dibentak, kalo masih ngeyel ngga mau matiin rokoknya ato pindah, diketok aja tuh orang punya pala wekekekeke! Soalnya kalo anak2 kecil kena begituan... kan kacian... bahaya atuh, mereka kan sedang tumbuh!

Yaaa... begitulah my note today... ~penutup tulisan yang ngga asik hihi! ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar